konfigurasi teks

anasfillah23

Jumat, 25 Oktober 2013

Cara Menggunakan Email

Cara Menggunakan Email – Kebutuhan akan sebuah email sekarang ini makin meningkat seiring dengan makin majunya sarana dan prasarana komunikasi yang bisa menjangkau hingga pelosok daerah. Secara umum, email adalah singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Yakni, sebuah sarana dalam dunia maya yang bisa digunakan untuk mengirimkan sesuatu kepada sesama pemilik email. Baik berupa gambar, surat (tulisan), video dan lagu.
Jumlah orang yang membuat email ini makin banyak seiring mudahnya akses internet sekarang ini. Dimana, akses internet yang bisa dilakukan lewat HP atau smartphone menjadikan salah satu makin banyaknya pemilik email. Selain itu, menjamurnya warnet juga jadi penyebab lainnya.
Meski demikian, diantara pemilik email ini terkadang masih belum paham cara menggunakannya. Mereka ini, biasanya membuat email hanya sekedar iseng atau untuk jaga-jaga kalau ada kawannya yang suatu saat butuh alamat emailnya. Padahal, kalau mau belajar sebentar makacara menggunakan email ini ternyata tidak sulit.
Berikut ini, beberapa Cara Menggunakan Email. Yakni :
1.    Masuk ke website Email Anda. Misalnya, email Anda memakai yahoo.com maka anda buka dulu website www.yahoo.com. Kalau email Anda memakai Gmail.com maka masuk dulu ke website www.gmail.com . Setelah itu, Anda siap masuk (login atau sign in) untuk membuka email.
2.    Isikan username dan password anda. Perhatian, demi keamanan harap hilangkan tanda tetap masuk (v) atau jangan simpan seandainya Anda mengakses internet lewat fasilitas umum.
3.    Setelah masuk maka jendela kerja email Anda akan terbuka dan siap dipakai untuk aktifitas lebih lanjut. Misalnya untuk melihat kiriman email maka Anda bisa klik Inbox.
4.    Jika ingin mengirim surat maka bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni, klik tulis atau compose lalu masukkan alamat email yang akan dituju. Kemudian langsung ketik pesan yang akan disampaikan setelah selesai klik sent atau kirim. Cara kedua dengan melampirkan pesan yang sudah dalam bentuk file. Yakni, klik tulis atau compose lalu masukkan alamat email yang akan dituju. Kemudian, klik lampirkan file atau attach file. Pilih file yang akan anda kirim dan tunggu beberapa saat agar lampiran tersebut sudah sempurna. Setelah siap lalu klik sent maka lampiran Anda akan segera terkirim.
5.    Sebagai tambahan, saat mengirim email, kotak cc atau bcc bisa dikosongkan. Kemudian, dalam mengirim email dengan format file bisa melampirkan cukup banyak file sekaligus (bisa sampai 10 file). Alamat email yang dituju bisa langsung dalam jumlah banyak jika memang diperlukan. Caranya, untuk alamat email pertama diselingi tanda koma kemudian dilanjutkan menulis alamat berikutnya.
Dalam jendela email ada beberapa menu lainnya yang perlu Anda ketahui. Misalnya, menu sent atau pesan terkirim gunanya untuk melihat kiriman email yang sudah Anda lakukan. Kemudian, All mail adalah daftar semua email (masuk/keluar), Spam adalah daftar Email bohong, iseng, dan biasanya menipu. Lalu, Trash ibaranya seperti tempat sampah (Recycle bin), berisi email yg di delete (di hapus), Contacts berisi kontak email teman dan settings adalah setelan email yang diinginkan.
Untuk membalas email yang masuk juga bisa dilakukan dengan mudah. Yakni, klik email yang masuk tadi lalu klik balas atau reply. Tulis atau lampirkan file yang Anda perlukan untuk membalas kemudian klik sent atau kirim.
Kalau sudah pernah mengirim email sebelumnya maka proses untuk mengirim selanjutnya untuk alamat yang sama akan lebih mudah. Soalnya, alamat email tadi otomatis akan tersimpan. Jika Anda memasukkan nama alamat email tujuan biasanya baru mengetik satu atau dua huruf nama email yang dimaksud akan muncul dan tinggal pilih.
Saran terakhir, biasakan klik Log out setiap selesai menggunakan akun Email demi keamanan.
Demikianlah Cara Menggunakan Email. Semoga bermanfaat

caramenggunakan.net/cara-menggunakan-idm-secara-sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar