konfigurasi teks

anasfillah23

Jumat, 25 Oktober 2013

Cara Menggunakan Microsoft Excel

Cara Menggunakan Microsoft Excel – Harus diakui, adanya komputer benar-benar mengurangi beban kerja manusia. Beragam jenis pekerjaan bisa diselesaikan dengan waktu singkat dengan menggunakan berbagai program kerja yang tersedia di dalam perangkat komputer. Salah satunya adalah program Microsoft Excel.
Sekedar tahu saja, Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Dengan program Excel ini, Anda akan terbantu saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan data. Sebab, dengan Excel ini Anda bisa menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel yang jelas.
Cara menggunakan aplikasi Excel ini juga cukup mudah. Terlebih lagi jika Anda sebelumnya sudah cukup menguasai program Microsoft Word. Sebab, kedua program ini boleh dibilang saling berkaitan. Hanya saja tampilan layar awal yang berbeda. Jika dalam Word layar terlihat bersih maka dalam Excel layarnya terlihat ada kotak-kotak (kolom) kerja.
Untuk memulai menggunakan aplikasi Excel ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yakni, pastikan komputer Anda sudah ada aplikasi Microsoft Excel baik itu versi lama atau versi terbaru. Cara penggunaan versi lama atau baru tidak begitu jauh bedanya. Setelah komputer dihidupkan kemudian klik program Microsoft Excel kemudian tunggu beberapa saat hingga layar terbuka dan Anda sudah siap menggunakan aplikasi ini.
Bagi Anda yang masih awam, barangkali akan kebingungan untuk memulai tahapan selanjutnya. Hal ini wajar dialami banyak orang dan Anda tidak perlu berkecil hati. Untuk tahapan selanjutnya barangkali Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti ini :
1.    Ketiklah apa saja yang Anda mau. Kemudian coba akhiri dengan tombol enter atau panah (kanan, kiri, atas, bawah). Kelihatannya ini sesuatu yang sepele tetapi manfaatnya cukup bagus. Dimana, Anda bisa paham dengan sendirinya perubahan yang terjadi di layar monitor komputer. Lakukan tahapan ini dengan santai dan perhatikan layar.
2.    Perhatikan dan pelajari menu yang tersedia dalam layar kerja Excel tersebut. Misalnya, menu file, insert, dll isinya apa saja. Ini penting untuk proses tahapan selanjutnya. Dengan mengetahui menu dan fungsinya maka kedepan langkah Anda belajar Excel akan lebih mudah meski tidak ada pembimbingnya.
3.    Latihan membuat data sederhana. Ini penting sekali karena dalam hal apapun tidak akan bisa berhasil dengan baik kalau tidak pernah melakukan latihan serius. Untuk latihan tahap awal bisa dengan jalan membuat sebuah data sederhana. Misalnya, data barang-barang yang ada di rumah Anda. Yakni, no urut, nama barang dan jumlahnya. Bisa juga dengan membuat data tentang teman Anda. Yakni, nama, alamat dan nomor HP nya misalnya. Percayalah, dengan melakukan latihan yang kesannya sepele ini, Anda nantinya bakal mahir sendirinya.
4.    Buat latihan dengan tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, membuat data barang dagangan milik Anda. Dalam hal ini, seolah-olah Anda menjadi seorang pengusaha. Isi datanya antara lain, nomor, nama barang, jumlah, harga belinya dan harga jualnya. Lakukan berulang-ulang dengan model yang berbeda-beda. Setelah itu, bisa digabungkan dengan data yang membutuhkan proses perhitungan.
5.    Beli buku mengenai
 cara mengaplikasikan Excel yang didalamnya berisi tips-tips serta proses latihan. Kenapa pembelian buku ini saya anjurkan di tahapan akhir? sebab, jika sejak awal Anda langsung memakai buku terkadang malah mengalami kebingungan. Maka setelah agak mengenal dan menguasai Excel sendiri baru Anda memperdalam ilmu yang dimiliki.
6.    Minta saran, konsultasi dengan teman yang sudah mahir Excel untuk melengkapi kemampuan Anda.
Demikian beberapa Cara Menggunakan Microsoft Excel semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar